Selasa, 16 Juni 2020

Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan

Jika berkunjung ke Lombok, maka kurang afdol rasanya jika tidak mengunjungi obyek wisata Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Bagi anda yang suka naik gunung tapi memiliki waktu yang terbatas, maka Bukit Pergasingan bisa menjadi pilihan. Bukit Pergasingan merupakan salah satu gugus perbukitan yang berada di sebelah timur Gunung Rinjani, yang masuk wilayah Desa Sembalun Lawang. Posisi Bukit Pergasingan tepat berada di sisi timur Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR). 

Jalan menuju gerbang pendakian ke Bukit Pergasingan bisa melalui simpang di tikungan sebelum  BTNGR maupun simpang tiga setelah BTNGR. Setelah masuk disimpang jalan tersebut nanti kita akan bertemu simpang lagi melewati rumah penduduk. Jika membawa kendaraan sendiri bisa menitipkan kendaraan di rumah-rumah penduduk yang memang diperuntukkan sebagai tempat parkir dengan membayar biaya parkir. Jika tidak ada waktu menginap anda bisa mendaki bolak balik atau istilah kerennya "tek tok". Waktu tempuh ke Bukit pergasingan berkisar antara 2 - 3 jam, jadi sangat memungkinkan untuk "tek tok". Beberapa pendaki malah menjadikan Bukit Pergasingan sebagai "tempat latihan" Summit Attack bagi yang mau mendaki Rinjani.

Gerbang Pendakian Bukit Pergasingan

Dari gerbang pendakian menuju punggungan bukit membutuhkan waktu 1 - 1,5 jam perjalanan. Perjalanan ke punggungan bukit harus ekstra hati-hati karena lumayan terjal dan melewati beberapa celah batu yang mengharuskan kita untuk berpegangan melewatinya. Jangan sungkan minta bantuan teman untuk membantu menaiki celah batu jika memang ragu untuk berpegangan pada batu-batu yang akan dilewati. 

Setelah melewati punggungan bukit barulah kita akan sampai di puncak Bukit Pergasingan. Alangkah baiknya saat tiba di puncak bukit untuk langsung mendirikan tenda sambil membuat kopi atau minuman hangat lainnya. Yang harus diingat saat mendirikan tenda adalah patok tenda harus kuat, karena angin malam dari arah timur laut lumayan kencang.

Camping area Bukit Pergasingan

Sembari menunggu sunset di balik gunung Rinjani, tidak ada salahnya menikmati kopi sambil bernyanyi ataupun ngobrol santai.

Menunggu sunset di Bukit Pergasingan

Menikmati kabut dingin sambil foto bersama juga mendatangkan sensasi tersendiri di Bukit Pergasingan. 

Menikmati kabut sambil berfoto

Saat paling ditunggu di Bukit Pergasingan adalah pemandangan sunsetnya jika kondisi sedang cerah. Jangan lupa abadikan dalam jepretan kamera sebagai kenang-kenangan. Saat sunset tiba areal sekitar puncak Rinjani akan berwarna kemerahan diterpa sinar mentari senja.

Sunset di Bukit Pergasingan

Setelah puas menikmati senja dan bermalam di Bukit Pergasingan, jangan lupa untuk membawa sampah anda turun kembali dari puncak bukit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar